Loading

Kualitas Udara Buruk? Segera Terapkan 5 Gaya Hidup Sehat Ini!

Polusi udara saat ini semakin sulit untuk dikendalikan. Tak bisa dipungkiri bahwa saat ini kualitas udara semakin menurun dan bisa memberi dampak buruk bagi kesehatan. Khususnya bagi Anda yang berdomisili atau beraktivitas di kota besar. Cobalah untuk menerapkan gaya hidup yang sehat demi mengurangi efek dari kondisi udara buruk seperti ini.

Tips Sehat di Tengah Udara Buruk

Bertahan hidup dan beraktivitas di tengah kondisi udara yang buruk tentu bukanlah hal yang mudah. Jika pasrah begitu saja dengan polusi udara di sekitar, maka kondisi kesehatan Anda yang akan terancam. Berikut adalah beberapa tips penerapan pola hidup sehat di tengah buruknya kualitas udara:

  1. Gunakan Masker saat Beraktivitas

Ini merupakan tindakan paling sederhana yang bisa dilakukan saat harus bertahan hidup di lingkungan dengan kualitas udara buruk. Masker akan membantu menyaring udara yang masuk ke paru-paru saat Anda beraktivitas. Pemakaian masker akan sangat membantu menurunkan risiko gangguan paru-paru akibat buruknya kualitas udara.

Pakailah masker yang tepat untuk mengoptimalkan manfaatnya. Gunakan jenis masker yang memiliki kemampuan filter optimal. Disarankan untuk memilih jenis masker yang menggunakan 3 lapis kain dan dilengkapi filter yang bisa menyaring udara dengan baik. Selain itu, masker ini harus diganti secara berkala dengan maksimal durasi pemakaian adalah 4 jam.

  1. Kurangi Aktivitas di Luar

Sebisa mungkin kurangi aktivitas di luar ruangan. Polusi udara akan sangat terasa jika Anda beraktivitas di luar. Udara kotor yang Anda hirup juga secara otomatis akan semakin banyak. Untuk meminimalisir hal tersebut, sangat disarankan lebih banyak beraktivitas di dalam ruangan.

Jika memang harus beraktivitas di luar, maka kenakan masker dan sesegera mungkin kembalilah ke dalam ruangan. Memang bagi sebagian orang aktivitas di luar ruangan tak bisa dihilangkan begitu saja. Tak masalah, Anda bisa tetap menjalankan aktivitas di luar ruangan dengan catatan selalu berhati-hati dan lindungi diri sendiri secara optimal.

  1. Terapkan Pola Makan Sehat

Langkah ini mungkin tidak akan berperan langsung pada penanganan kualitas udara yang buruk. Namun, pola makan yang sehat akan membantu tubuh Anda jadi lebih kuat. Inilah yang dibutuhkan di tengah kondisi lingkungan yang tidak mendukung, seperti lingkungan dengan kualitas udara buruk. Jika tubuh Anda kuat dan sehat, maka lebih mudah bagi tubuh untuk melawan pengaruh negatif dari polusi.

Selain meningkatkan konsumsi buah dan sayur sehari-hari, sertakan juga tamanan di dalam rumah pada siang hari dan keluarkan pada malam hari. Bahkan jika perlu, minum suplemen yang bisa membantu mendukung daya tahan tubuh agar jadi lebih kuat lagi. Jangan lupa, pastikan tubuh Anda tetap terhidrasi dengan minum cukup air putih setiap hari.

  1. Tetap Berolahraga

Pastikan untuk tetap berolahraga di tengah kesibukan beraktivitas. Selain pola makan, aktivitas fisik juga akan berpengaruh pada kondisi kesehatan tubuh. Cobalah untuk membuat rutinitas olahraga setiap hari. Tak perlu lama-lama, cukup 30 menit saja dan tidak harus aktivitas olahraga yang berat. Pilih saja bentuk olahraga yang dirasa paling menyenangkan dan mudah untuk dikerjakan.

Dengan melakukan olahraga secara rutin, maka tubuh juga akan jadi lebih sehat dan kuat. Kondisi fisik yang sehat seperti ini tentu saja akan membantu tubuh Anda lebih mudah menghalau beragam bentuk radikal bebas. Termasuk radikal bebas yang berasal dari polusi di udara. Namun, lebih disarankan untuk memilih berolahraga di dalam ruangan jika kualitas udara di luar ruangan memang terlalu buruk.

  1. Jaga Kebersihan Tubuh

Bagi Anda yang masih harus beraktivitas di luar ruangan, usahakan untuk selalu menjaga kebersihan tubuh dengan baik. Setelah selesai aktivitas di luar, lebih baik segera mandi dan bersihkan tubuh. Dengan begitu, zat-zat racun yang menempel di tubuh saat beraktivitas di luar akan segera hilang dan tidak membahayakan kesehatan.

Memang tidak nyaman jika kita tinggal di tengah lingkungan dengan kualitas udara yang buruk. Namun, daripada terus mengeluh lebih baik lakukan upaya untuk menjaga kesehatan diri sendiri secara optimal. Terapkan kebiasaan sehat yang sudah dibahas tadi demi meminimalkan efek buruk yang bisa menimpa tubuh Anda.

...
Tags:

Latest News

Cara Hemat Isi Furniture Apartemen Baru

Melengkapi apartemen baru dengan berbagai furniture bisa jadi menakutkan, terutama dengan dana terbatas. Tetapi Anda tidak perlu khawatir, karena ada banyak sekali tip dan trik untuk menemukan barang trendi dan murah untuk mengubah tempat baru Anda. Untuk memulainya, ADARooms telah mengumpulkan beberapa tips yang akan membantu Anda dalam menghemat budget, waktu, dan juga energi.

4 Alasan Mengapa Gen Z Lebih Cocok Tinggal Di Apartemen

Menurut sebuah survei, terhitung dari tahun 2021, para Milenial mulai beralih dari penyewaan ke pemilikan rumah. Oleh karena itu para agen properti kemudian menargetkan para Gen Z untuk menyewa apartemen atau rumah mereka. Lantas apa yang menjadi alasan para Gen Z lebih cocok tinggal di apartemen daripada kepemilikan rumah?Berikut adalah beberapa faktor utama yang memengaruhi pemilihan rumah bagi Gen Z.

5 Destinasi Yang Bisa Kamu Kunjungi Saat Libur Akhir Tahun

Apakah Anda sedang mencari destinasi liburan untuk menghadiahi diri sendiri setelah bekerja keras selama setahun, tetapi tidak yakin ke mana harus pergi? Tak perlu khawatir, karena ADARooms akan memberikan 5 rekomendasi tempat yang bisa Anda kunjungi di liburan akhir tahun ini.